Home / Akhlak / Solusi Terbaik Menghadapi Masalah
solusi

Solusi Terbaik Menghadapi Masalah

Tiap kali orang menghadapi sebuah masalah yang sulit dipecahkan, hanya doa dan mengiba kepada Allah sajalah yang bisa menjadi jalan keluarnya. Walaupun hal itu bisa menjadi solusi, ia mesti didahului dengan taubat dari segala dosa. Karena dosa pasti mendatangkan petaka dan siksa. Karena itu, bila dosa telah tiada berkat taubat yang dilakukan, siksa pun pasti dicabut dari pelakunya.

مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِن اللهِ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ
“Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah. Dan apa saja bencana yang menimpamu maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. An-Nisa: 79)

Apabila taubat dan doa kepada Allah terus dijalankan, tapi pengkabulan doa yang diharapkan belum kunjung tiba, hendaknya kembali mengevaluasi diri. Bisa jadi, taubat tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh.

وَمَآ أَصاَبَكُمْ مِنْ مُصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍ
“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri. Dan allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. As-Syuro: 30)

Oleh karena itu, terus memperbaiki diri dan terus berdoa. Jangan pernah sekali-kali berhenti berdoa. Bisa jadi kebaikan dan pengabulan doa itu memang diundur kedatangannya dan sangat mungkin kemaslahatan tidak ada pada pengkabulan doa.

Inilah nasihat para ulama kepada ummat, seorang mukmin akan tetap mendapat pahala dan manfaat yang tidak sedikit dari konsistensinya bertaubat dan berusaha memperbaiki diri. Ia tidak memperoleh apa yang ia minta,  tetapi ia diberi gantinya.

Setiap kali muncul bersitan dalam hati untuk menyerah. “Kamu sudah sering berdoa, tetapi tidak pernah dikabulkan! Cukup! Berhenti saja!” Maka katakan dengan tegas, “Doa-doa yang terus aku panjatkan adalah ibadahku kepada Allah. Aku yakin doaku dikabulkan. Penundaannya bisa jadi untuk sebuah kemaslahatan yang pas dan lebih baik untukku. Andai itu tidak dikabulkan, pahala ibadah itu takkan lari kemana-mana.”

Oleh karena itu, tiap kali berdoa Anda wajib meminta sesuatu yang paling tepat untuk Anda. Bukankah seseorang kerap meminta saran sahabat karibnya untuk menutupi kekurangannya, lantas mengapa ia tidak meminta pilihan tebaik kepada Allah? Bukankah Allah paling tahu apa yang terbaik untuk hambanya?

Sumber : An-Najah

About KMM FT UNY

Lembaga Dakwah Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta , Sekretariat : Gedung PKM FT UNY Lt. 3 Sayap Barat, Kampus UNY Karang Malang, Yogyakarta

Fatal error: Uncaught Exception: 190: Error validating application. Application has been deleted. (190) thrown in /home/kmmuny/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1273